KETENTUAN PENGGUNAAN OASE MOBILE

PT BANK CENTRAL ASIA Tbk. (“BCA”)

A. DEFINISI

  1. OASE Mobile adalah aplikasi yang dapat diunduh oleh Pengguna ke gawai (gadget) untuk keperluan pelaksanaan Pekerjaan. 
  2. OASE Web adalah aplikasi yang dapat diakses melalui web untuk keperluan pelaksanaan Pekerjaan. 
  3. Pekerjaan adalah pengoperasian dan pemeliharaan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA serta peralatan pendukung mesin ATM BCA lainnya.
  4. Pengguna adalah karyawan BCA serta Operator Vendor yang diberi akses ke OASE Mobile untuk melakukan Pekerjaan.
  5. Vendor adalah pihak yang ditunjuk oleh BCA untuk melakukan Pekerjaan.
  6. Username Vendor adalah identifikasi berupa kode alfanumerik yang didapatkan oleh Operator Vendor ketika didaftarkan oleh Admin Vendor pada OASE Web yang diperlukan untuk mengakses OASE Mobile.
  7. Username BCA adalah identifikasi Pengguna yang merupakan karyawan BCA berupa userdomain BCA.
  8. Password adalah kode unik yang bersama-sama dengan Username Vendor atau Username BCA diperlukan untuk mengakses OASE Mobile.
  9. Operator Vendor adalah karyawan Vendor yang melaksanakan Pekerjaan di lokasi yang ditentukan oleh BCA.
  10. Operator BCA adalah karyawan BCA yang diberikan instruksi oleh Supervisor BCA untuk melaksanakan Pekerjaan di lokasi yang ditentukan oleh BCA.
  11. Admin Vendor adalah karyawan yang diberikan kewenangan oleh Vendor untuk melakukan pengelolaan Username Vendor dari Operator Vendor, menunjuk Operator Vendor yang akan melakukan Pekerjaan di lokasi yang ditentukan oleh BCA dan mengawasi pelaksanaan Pekerjaan oleh Operator Vendor.
  12. Supervisor BCA adalah karyawan BCA yang bertugas untuk memberikan instruksi Pekerjaan kepada Operator BCA dan Operator Vendor serta memberikan approval atas instruksi dan laporan Pekerjaan yang dibuat oleh Operator BCA melalui OASE Web.

 

B. REGISTRASI OASE MOBILE

  1. Untuk dapat menggunakan OASE Mobile, Pengguna harus:
    1. berstatus karyawan BCA atau karyawan Vendor yang bertugas untuk melakukan Pekerjaan.
    2. telah terdaftar sebagai Pengguna pada OASE Web atau aplikasi lain yang ditentukan oleh BCA. 
    3. mengunduh dan menginstal OASE Mobile pada gawai (gadget) sesuai dengan persyaratanyang ditentukan oleh BCA.
    4. memastikan alamat email yang Pengguna input ketika melakukan registrasi OASE Web adalah email milik Pengguna. BCA tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengiriman tautan aktivasi OASE Web karena kesalahan pencantuman alamat email yang Pengguna lakukan.
  2. Pada saat melakukan aktivasi OASE Mobile, Pengguna harus memasukkan alamat email yang sama dengan alamat email yang Pengguna daftarkan saat melakukan registrasi OASE Mobile dan membuat Password yang akan digunakan untuk mengakses OASE Mobile.
  3. Dengan melakukan registrasi untuk menjadi Pengguna, data dan/atau informasi Pengguna yang diinput pada saat melakukan registrasi OASE Mobile antara lain nomor handphone, alamat email, dan data pekerjaan akan secara otomatis ditampilkan pada OASE Mobile.
  4. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas kelengkapan, kebenaran, dan kesesuaian data dan/atau informasi yang dilengkapi ketika melakukan registrasi OASE Mobile. BCA tidak bertanggung jawab atas ketidaklengkapan, ketidakbenaran, dan/atau ketidaksesuaian data dan/atau informasi Pengguna yang ditampilkan di OASE Mobile.
  5. BCA akan mengirimkan tautan untuk keperluan aktivasi OASE Mobile ke alamat email yang telah Pengguna daftarkan pada saat melakukan registrasi OASE Mobile.

 

C. KETENTUAN PENGGUNAAN OASE MOBILE

  1. Pengguna dapat menggunakan OASE Mobile untuk:
    1. menerima instruksi Pekerjaan dari Admin Vendor atau Supervisor BCA;
    2. membuat laporan atas hasil pelaksanaan Pekerjaan;
    3. melakukan inquiry terhadap Pekerjaan yang sudah selesai dilaksanakan oleh Pengguna yang bersangkutan.
  2. Pengguna wajib memastikan bahwa telepon seluler/handphone yang digunakan untuk mengakses OASE Mobile bebas dari virus, malware, dan/atau hal lain yang dapat merugikan Pengguna.
  3. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan OASE Mobile antara lain atas:
    1. alamat email yang didaftarkan saat registrasi OASE Mobile sebagai Pengguna;
    2. segala aktivitas yang dilakukan oleh Operator BCA/Operator Vendor pada OASE Mobile;
    3. penyalahgunaan yang mungkin timbul sehubungan dengan pengelolaan Username Vendoratau Username BCA dan/atau Password pada OASE Mobile.
  4. Laporan Pekerjaan yang dibuat oleh Pengguna pada OASE Mobilemerupakan laporan yang sah berdasarkan penggunaan Username Vendor dan/atau Password. BCA tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan penggunaan Username Vendor dan/atau Password atau kewenangan pengguna Username Vendor dan/atau Password. Laporan Pekerjaan yang dibuat oleh Pengguna pada OASE Mobile sah dan mengikat Vendor secara hukum. 
  5. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan Username Vendoratau Username BCAdan/atau Password. Vendor bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan penyalahgunaan Username Vendordan/atau Password
  6. Pengguna tidak dapat login pada OASE Mobile dengan menggunakan 1 (satu) Username Vendor atau 1 (satu) Username BCA pada 2 (dua) device yang berbeda pada saat yang bersamaan. 
  7. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan penggunaan OASE Mobile oleh Pengguna dengan menggunakan Username Vendor dan/atau Password menjadi tanggung jawab Vendor sepenuhnya. 
  8. Pengguna wajib melakukan peningkatan versi (upgrade) perangkat keras maupun perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mengakses OASE Mobile atas permintaan BCA. 
  9. Kelalaian Pengguna dalam melakukan peningkatan versi (upgrade) perangkat keras maupun perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mengakses OASE Mobile mengakibatkan Pengguna tidak dapat menggunakan OASE Mobile atau hanya dapat mengakses fitur tertentu di OASE Mobile. 
  10. Vendor setuju bahwa BCA berhak menyimpan dan menggunakan data personal Vendor yang melekat pada telepon seluler/handphone yang digunakan Vendoruntuk mengunduh OASEMobileantara lain untuk kenyamanan dan keamanan Vendor dalam mengakses OASE Mobile. 

 

D. FORCE MAJEURE

Vendor dengan ini membebaskan BCA dari segala gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan BCA dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan penyediaan OASE Mobile apabila keterlambatan dan/atau kegagalan dimaksud disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan BCA, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, perang, wabah penyakit, huru-hara, sabotase, peralatan/sistem/transmisi dalam keadaan tidak berfungsi, terjadinya gangguan listrik, gangguan sistem, gangguan telekomunikasi, adanya kebijakan pemerintah yang melarang BCA memberikan layanan kepada Vendor.

 

E. PENGAKHIRAN PENYEDIAAN OASE MOBILE

BCA berhak mengakhiri penyediaan OASE Mobile bagi Vendor antara lain jika:

  1. perjanjian kerja sama terkait dengan Pekerjaan antara BCA dengan Vendor telah berakhir;
  2. Vendor menggunakan OASE Mobile untuk melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum.
    yang akan diberitahukan kepada Vendor dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

 

F. PEMBLOKIRAN USERNAME VENDOR ATAU USERNAME BCA

  1. Username Vendor akan diblokir jika Pengguna tersebut salah memasukkan Password sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut.
  2. Dalam hal Username Vendor terblokir, Pengguna dapat mengajukan permohonan reset Password kepada Admin Vendor yang bersangkutan.
  3. Atas pertimbangan tertentu, BCA berhak untuk memblokir Username Vendor atau Username BCA.

 

G. KETENTUAN PENANGANAN KELUHAN (PENGADUAN)

  1. Pengguna dapat menyampaikan keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan OASE Mobile melalui person in charge BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna dalam bentuk dan melalui sarana apa pun.
  2. BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

 

H. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Pengguna setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan Penggunaan Aplikasi OASE Mobile BCA (“Ketentuan”) ini antara Vendor dengan BCA akan diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. 
  2. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang telah diupayakan diselesaikan secara musyawarah oleh Vendor dengan BCA namun tidak mencapai mufakat, akan diselesaikan melalui fasilitasi perbankan di Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan atau mediasi yang dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tercantum dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. 
  3. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang telah diupayakan diselesaikan baik secara musyawarah, fasilitasi perbankan, dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir H.2 di atas namun tidak mencapai mufakat, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia. 

 

I. LAIN-LAIN 

  1. BCA berhak untuk mengubah, melengkapi, atau mengganti Ketentuan ini yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Vendor dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku. 
  2. Vendor wajib segera melaporkan kepada BCA secara tertulis apabila terjadi perubahan data Vendor.
  3. Dengan menggunakan OASE Mobile, Pengguna dengan ini menyatakan tunduk pada Ketentuan ini serta seluruh ketentuan yang berlaku di BCA terkait dengan Vendor.
  4. Ketentuan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan perjanjian terkait Pekerjaan yang ditanda tangani oleh Vendor dan BCA.

Ketentuan Penggunaan OASE Mobile PT Bank Central Asia Tbk ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.